Latest Updates

Mengkonsumsi Vitamin C untuk Pencegahan Gejala Stroke

Mengkonsumsi Vitamin C untuk Pencegahan Gejala Stroke - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi atrikel mengenai Mengkonsumsi Vitamin C untuk Pencegahan Gejala Stroke. Setiap orang membutuhkan asupan vitamin C ke dalam tubuhnya. Mengapa asupan akan vitamin C vital bagi tubuh? Selain sebagai aktioksidan, kadar vitamin C yang tinggi ternyata diketahui dapat mencegah penyakit stroke. Hal tersebut terungkap dalam hasil penelitian yang dilakukan di Norfolk, Inggris terhadap sekitar 20.000 orang.
vitamin c
vitamin c
Selama penelitian tersebut dilakukan, ditemukan sekitar 448 kasus stroke. Dan para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi, ternyata memiliki tingkat resiko 40% lebih kecil terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Hasil penelitian gemilang yang dilakukan ilmuwan Inggris bernama Dr. Phyo K. Myint tersebut, kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal bertajuk American Journal of Nutrition.

Sang ilmuwan menegaskan bahwa hasil penelitian tersebut menjadi bukti kuat bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah besar dan konsisten, berguna untuk melindungi diri dari serangan stroke.

Namun, ingatlah bahwa kebutuhan tubuh terhadap vitamin C tidak dipenuhi hanya dari asupan suplemen saja. Mengonsumsi suplemen tentu diperbolehkan, asalkan dengan jumlah yang terbatas alias tidak menggantungkan kebutuhan vitamin C harian Anda dari suplemen saja.

Mengapa demikian? Karena vitamin C yang berasal dari suplemen sangat mungkin sudah tidak murni akibat banyaknya campuran dari zat-zat yang lainnya sehingga kandungan vitamin C-nya hanya sedikit.

Sebaliknya, kadar vitamin C yang banyak terkandung di dalam buah-buahan dan sayuran alami jauh lebih tinggi manfaatnya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas berpotensi merusak sel DNA yang dapat menyebabkan penuaan dini dan timbulnya berbagai penyakit kronis. Antioksidan diduga kuat dapat melindungi kita dari tumpukan lemak di bagian pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menjadi pemicu serangan stroke (cerecral Infarction).

Memang, belum diketahui pasti bagaimana mekanisme vitamin C dalam mencegah terjadinya stroke. Yang pasti, ketercukupan akan vitamin C memang dapat menghindarkan kita dari resiko terjadinya serangan stroke yang membahayakan. Apalagi, kalau konsumsi vitamin C diikuti dengan pola hidup sehat. Tentu saja, khasiatnya akan lebih terasa.
Aneka Buah Sumber Vitamin C

Buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C secara alami. Namun, tiap-tiap buah tentu saja memiliki kadar kandungan vitamin C yang berbeda-beda.

Lantas, buah apa saja yang memiliki kandungan vitamin C tinggi? Ternyata, buah-buahan yang banyak tumbuh di kawasan tropis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Berikut merupakan beberapa buah lokal yang sebaiknya berada di kulkas Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian seluruh anggota keluarga Anda di rumah :

Jambu Monyet

Anda pasti pernah mencoba Jambu monyet, bukan? Nah, buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sebanyak 197 mg vitamin C. Selain itu, di dalam Jambu monyet, juga terkandung komposisi nutrisi penting lainnya berupa energi, kalsium, lemak, protein, zat besi, dan juga fosfor.

Buah Duwet

Duwet atau yang kerap disebut dengan buah Jamblang merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak varietas. Kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi.

Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekitar 130 mg vitamin C. Nutrisi lainnya yang ada di dalam Duwet antara lain berupa zat besi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan lainnya.

Jambu Biji

Buah lokal lainnya yang banyak mengandung vitamin C ialah Jambu biji dengan dagingnya yang putih. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung vitamin C sebanyak 116 mg.

Sedangkan, nutrisi lainnya yang juga terkandung di dalamnya meliputi fosfor, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, dan lainnya. Manfaat Jambu biji ini antara lain untuk mengontrol diabetes, maag, diare, masuk angin, dan bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah kanker dan stroke serta penyakit lainnya.

Itulah beberapa buah lokal yang banyak mengandung vitamin C, yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit stroke. Sebaiknya, Anda rutin mengonsumsinya supaya ketercukupan vitamin C di dalam tubuh Anda dapat terpenuhi secara maksimal.

Semoga info yang saya bagikan di atas bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web kami waaw banget. Sekian info yang bisa saya bagikan tentang  Vitamin C. 

sumber : http://www.deherba.com/vitamin-c-berkadar-tinggi-untuk-melindungi-tubuh-dari-stroke.html

0 Response to "Mengkonsumsi Vitamin C untuk Pencegahan Gejala Stroke"

Post a Comment