Latest Updates

Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa

Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa  - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi artikel tentang Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa. Ketika kita berpuasa tentunya kegiatan makan, minum dan hal-hal yang bisa menyebabkan puasa batal diberhentikan. Karena dalam waktu kurang lebih 14 jam tubuh kita tidak memperoleh asupan cairan, maka hal ini bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Terlebih apabila cuaca panas dan Anda tetap melakukan aktivitas yang banyak, tentu akan sangat mudah mengalami dehidrasi.

Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa
Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa
Dehidrasi sendiri merupakan hilangnya cairan yang ada di dalam tubuh yang bisa menyebabkan tubuh mengalami beberapa masalah seperti lemas, lelah, lesu, sakit kepala, mulut terasa kering, mual, dan menurunnya daya konsentrasi.

Berikut Cara Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa :

1. Minum air putih
Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab hampir sebagian besar anggota badan kita ini terdiri dari cairan. Maka dari itu, ketika berbuka puasa atau pada saat sahur minumlah air putih yang cukup kurang lebih 2 liter air.
2 liter ini tidak diminum secara langsung melainkan diminum secara perlahan-lahan, pokoknya dalam sehari kebutuhan air putih terpenuhi. Jika Anda kurang suka dengan air putih yang tidak berasa, Anda bisa mencampur dengan perasaan air lemon atau air buah yang lainnya.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, sebab makanan yang Anda konsumsi juga bisa mempengaruhi Anda mengalami dehidrasi. Konsumsi lah makanan yang sehat dan banyak akan kandungan gizi seperti sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah yang banyak mengandung air sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, buah dan sayur juga sangat baik untuk pencernaan sehingga Anda juga akan terhindar dari masalah lain seperti sembelit.

3. Hindari minum kopi
Sebagian orang biasanya dengan meminum kopi bisa membuat mata lebih terjaga dan ini menjadi ide yang mudah supaya ibadah lebih semangat. Akan tetapi, ahli diet memberi saran agar jangan mengkonsumsi kopi pada saat sahur sebab kopi bisa memacu tubuh memproduksi urin lebih cepat sehingga tubuh akan cepat kehilangan cairan tubuh.

Memang pada awal meminum kopi, kandungan kafein dalam kopi akan memberikan asupan energi, namun setelah efeknya hilang maka tubuh malah akan mudah lemas. Jika Anda termasuk pecinta kopi, berhenti untuk tidak minum kopi secara tiba-tiba juga akan susah dan bisa memberikan efek yang jelek seperti sakit kepala.

Oleh karena itu, Ada bisa mensiasatinya dengan merubah jam minum kopi, yakni pada saat buka atau matahari terbenam. Selain itu minuman yang mengandung soda juga sebisa mungkin harus dihindari karena akan memberikan efek perut akan kembung dan terasa penuh.

4. Kurangi aktivitas di luar ruangan
Jika tidak ada sesuatu yang penting untuk dilakukan di luar ruangan, maka sebisa mungkin hindari aktivitas di luar ruangan. Sebab hal ini akan membuat tubuh mudah kehilangan cairan tubuh. Lalu bagaimana jika memang dituntut kerja di luar ruangan? Anda bisa mensiasatinya dengan menaruh handuk basah di kepala atau dengan menggunakan topi dan pakaian yang cerah. Hal ini bisa memberikan efek tubuh terasa dingin dan sejuk. 

5. Minum susu
Seperti yang diketahui bahwa susu memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk tubuh seperti elektrolit, karbohidrat, kalsium, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut bisa memberikan efek kenyang dan bisa menghindari dehidrasi. Minum susu pada saat sahur akan lebih bermanfaat ketimbang meminum minuman berenergi atau suplemen-suplemen yang lain.

Semoga info yang saya bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web saya waaw banget. Sekian info terbaru dari saya tentang  Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa.

sumber : http://inovasikesehatan.blogspot.com/2013/07/mencegah-dehidrasi-saat-puasa.html

0 Response to "Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Puasa"

Post a Comment