Latest Updates

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa  - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi artikel tentang Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain dapat menyehatkan buah pun sangat bermanfaat bila dikonsumsi saat berpuasa.

Manfaat Mengkonsumsi Buah
Manfaat Mengkonsumsi Buah

Brikut Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa :

1. TOMAT
Buah ini dapat membantu menjaga stamina tubuh. Jus tomat segar dapat membantu pembentukan glycogen sebagai cadangan tenaga dalam liver. Jus tomat bagus dikonsumsi saat makan saur. Garam mineral dalam tomat akan meningkatkan nafsu makan.

2. MANGGA
Kandungan karbohidratnya yang tinggi cocok untuk memulihkan energi sebelum berbuka. Serat yang tinggi berguna untuk memperlancar BAB. Kandungan vitamin A, C dan flavonoidnya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Berbukalah dengan mangga untuk menghilangkan pusing di siang hari.

3. KURMA
Kandungan gulanya tinggi banget. Dengan makan 2-3 buah kurma saja sudah cukup untuk memulihkan energi yang hilang saat puasa. Gula pada kurma cepat diserap oleh tubuh sehingga bagus untuk makanan pembuka sebelum buka puasa.

4. BELEWAH
Kandungan beta karoten, pro vitamin A, megnesium, mangan, seng dan krom dalam belewah dapat membantu mengurangi peradangan dan memulihkan luka pada usus. Buah ini cocok untuk berbuka puasa karena kandungan air dan seratnya yang tinggi. Belewah dipercaya dapat membantu memulihkan stamina tubuh yang hilang saat puasa.

5. LECI

Buah manis ini mengandung protein, lemak, vitamin C, fosfor dan zat besi. Gula jenis sukrosa dan glukosanya sangat tinggi. Minumlah koktail buah leci saat makan saur untuk menambah cadangan energi di siang hari.

6. JERUK
Sari buah jeruk mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini bermanfaat untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat di hidung, tenggorokan dan paru-paru. Makan jeruk dalam jumlah banyak bisa membersihkan racun yang terdapat dalam lever. Saat puasa, jika badan lemes mau flu, konsumsilah jeruk dalam jumlah berlebih.

7. TIMUN SURI
Timun suri ini disebut juga sebagai buah bulan puasa, karena beredarnya setiap bulan puasa sih. Timun suri mempunyai kandungan tinggi kalium, pro vitamin A dan serat yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh.

8. KELAPA

Air kelapa mengandung tiga macam gula seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Cocok untuk berbuka puasa saat mulut kering dan badan kegerahan. Minum air kelapa secukupnya bisa membuat badan segar. Tetapi jangan terlalu banyak minum air kelapa karena dapat menyebabkan badan lemas sesaat.

9. PISANG

 Mengandung kalium dengan kadar sangat tinggi. Mineral ini penting bagi kamu yang menderita diare. Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding-dinding usus dan lambung, sehingga dapat menjadi lapis bagi organ yang meradang. Makanlah pisang ambon bagi kamu yang punya sakit maag saat berpuasa.

10. ALPUKAT
Mengandung lemak tidak jenuh yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pengganti energi saat berpuasa. Lemak dalam alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan memperbaiki kinerja jantung.

11. NANAS
Enzim bromealin yang terdapat dalam nanas dapat membantu melarutkan lendir kental dalam saluran pencernaan. Nanas membantu melancarkan BAB. BAB lancar dijamin engga pusing mulu.

12. KELENGKENG

 Mengandung sukrosa, glukosa, asam tartarik, vitamin A dan B. Kandungan gulanya yang cukup tinggi berguna untuk memulihkan kadar gula yang rendah karena puasa. Hati-hati jangan terlalu banyak makan kelengkeng karena bisa membuat tubuh terasa panas akibat timbunan energi.

13. PIR
Buah pir bisa mengatasi rasa mual atau begah di perut akibat makan berlebihan dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan makanan pedas. Kamu yang terlanjur kalap makan, netralisir deh dengan buah pir biar tetep langsing.

14. PEPAYA
Kandungan enzimnya tinggi sehingga membuat BAB lancar. Penting dikonsumsi saat berpuasa karena selain harganya ekonomis, BAB yang lancar akan membuatmu enak makan di saat saur atau berbuka.

Semoga info yang saya bagikan di atas bisa bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web saya waaw banget. Sekian info terbaru yang bisa saya bagikan tentang Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa.

sumber : http://larazsekar.blogspot.com/2011/04/manfaat-megkonsumsi-buah-saat-berpuasa.html

0 Response to "Inilah Manfaat Mengkonsumsi Buah saat Puasa "

Post a Comment