Latest Updates

Hukumnya Jika Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa

Hukumnya Jika Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi info tentang Hukumnya Jika  Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa. Lupa? kita manusia terkadang sering lupa, begitupun ketika kita sedang berpuasa adakalanya kita lupa dan tak sadar bahwa kita sedang puasa. Lupa itu terjadi bisa saja karena kita terlalu serius bekerja, serius belajar atau serius berpikir, sehingga saking seriusnya ketika datang haus atau lapar tanpa di sadari kita minum, ataupun makan, baru sadar ketika makanan atau minuman sudah masuk kedalam perut. Nah kalau hal demikian terjadi pada kita padahal kita sedang menjalankan puasa batalkah puasa kita?

lupa makan dan minum saat puasa
lupa makan dan minum saat puasa
Untuk menjawab pertanyaan diatas tentu saja kita harus berpatokan pada dalil yang sahih, karena segala sesuatu tentang ibadah tidak cukup di jawab dengan katanya tanpa kita mendengar atau membaca langsung dalilnya (taqlid), nah untuk jawaban masalah lupa tersebut di bawah ini saya akan tuliskan 2 buah hadist Nabi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.
Berikut 2 Hadist Yang Menjelaskan Hukumnya Jika Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa :

" Dari Abi Huraerah r.a. ia berkata: Dari Nabi saw ia bersabda: Barang siapa lupa bahwa ia puasa, lalu ia makan minum, maka hendaklah ia sempurnakan puasanya, karena tidak lain melainkan Allah beri dia makan dan minum.(HSR. Bukhari dan Muslim) "

" Dan dari Abi huraerah r.a. ia berkata: Rasulallah Saw bersabda: Barang siapa kelupaan padahal dia sedang berpuasa lalu ia makan atau minum, maka sempurnakanlah puasanya, karena sesubgguhnya Allah sengaja memberikan makan dan minum untuknya (mutafaq alaih) dan dalam hadist yang di riwayatkan imam hakim Rasulallah bersabda: barang siapa yang berbuka pada bulan Ramadhan karena kelupaan maka tidak ada qodlo baginya dan tidak ada kifarat atasnya (hadist sahih) "

Demikianlah diterangkan oleh hadist yang sahih, jadi kalau suatu ketika kita kelupaan makan atau minum padahal kita puasa, segera hentikan makan minum tersebut saat ingat dan terus kita lanjutkan puasa kita hingga saat berbuka tiba.

Semoga info yang saya bagikan di atas bisa bermnafaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web saya waaw banget. Sekian info terbaru yang bisa saya bagikan tentang Hukumnya Jika Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa. 

sumber : http://jazi.blogdetik.com/index.php/2011/08/03/tentang-makan-minum-karena-lupa-saat-puasa/

0 Response to "Hukumnya Jika Lupa Makan dan Minum Saat Menjalankan Puasa"

Post a Comment