Latest Updates

Apakah Hukumnya Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa

Apakah Hukumnya Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi info tentang Hukumnya Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa. 

Oleh: Al-’Allamah Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah

" Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa "

tidur saat puasa
tidur saat puasa
Pertanyaan: Apakah hukum orang yang tidur sepanjang siang hari di bulan Ramadhan, ia tidak bangun kecuali ketika saat berbuka?

Jawaban:
Orang yang tidur sepanjang siang hari di bulan Ramadhan, puasanya tetap sah jika memang sebelum terbit fajar dia telah berniat puasa. Akan tetapi, haram atasnya meninggalkan shalat-shalat (di sepanjang siang itu) dan meninggalkan shalat berjamaah jika dia termasuk golongan yang wajib shalat berjama’ah di masjid.

(Jika dia melakukan itu), berarti dia telah meninggalkan dua kewajiban (yakni kewajiban puasa dan shalat), dia sangat berdosa karena meninggalkan keduanya. Kecuali jika perbuatan seperti itu bukan kebiasaannya, artinya sangat jarang dia melakukannya, dan dia pun tetap berniat mengerjakan shalat.

Berkaitan dengan itu pula, sungguh sangat disayangkan bahwa banyak orang yang membiasakan diri begadang sepanjang malam di bulan Ramadhan, lalu ketika telah dekat waktu terbit fajar, mereka segera makan sahur kemudian tidur sepanjang siangnya.

(Dengan keadaan seperti itu), mereka meninggalkan sholat-sholat di waktu siang, padahal sholat lebih ditekankan dan lebih diwajibkan daripada puasa, bahkan tidak sah puasa orang yang tidak shalat! Perkara ini sangat berbahaya sekali.

Begadang (di waktu malam) yang menyebabkan pelakunya tertidur sehingga tidak mengerjakan sholat (di waktu siang) adalah begadang yang haram. Kemudian jika begadang itu hanya untuk main-main atau untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang di haramkan, maka perkaranya jadi lebih berbahaya lagi.

Perbuatan-perbuatan maksiat dosanya lebih besar dan bahayanya lebih kuat (jika dikerjakan) pada bulan Ramadhan. Begitu pula pada saat-saat dan tempat-tempat yang (dipandang) mulia (dalam ajaran agama), lebih kuat daripada selainnya. Wallahu a’lam.

Semoga info yang saya bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web saya waaw banget. Sekian info yang bisa saya bagikan tentang Hukumnya Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa.

sumber : http://fadhlihsan.wordpress.com/2011/07/04/hukum-tidur-sepanjang-hari-ketika-berpuasa/

0 Response to "Apakah Hukumnya Tidur Sepanjang Hari Ketika Berpuasa"

Post a Comment