Latest Updates

Daftar Fenomena Astronomi Juni 2013

Daftar Fenomena Astronomi Juni 2013 - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi info seputar Fenomena Astronomi Juni 2013.

Berikut Daftar Fenomena Astronomi Juni 2013 : 

1. Bulan Baru Juni 2013

Bulan Baru Juni 2013
Bulan Baru Juni 2013
Sabtu, 8 Juni, 11:56 EDT. Bulan tidak terlihat pada tanggal tersebut karena terlalu dekat dengan matahari, tetapi dapat dilihat rendah di timur sebagai sabit sempit sebelum matahari terbit.

2. Bulan Kuartal Pertama

Bulan Kuartal Pertama
Bulan Kuartal Pertama
Minggu, 16 Juni, 13:24 EDT. Kuartal pertama bulan terbit sekitar pukul 01:15 dan terbenam sekitar 01:30 Bulan ini akan mendominasi langit malam.

3 . Bulan Purnama

Bulan Purnama
Bulan Purnama
Minggu, 23 Juni, 07:32 EDT. Bulan purnama bulan Juni biasanya disebut Mead bulan, Strawberry Moon, Rose Bulan atau Guntur bulan.Dalam Cree disebut Sagipukawipizun, yang berarti "ketika bulan keluar".Nama lainnya adalah Honey Moon, Hot Moon, dan Penanaman Moon. Dalam bahasa Hindi juga dikenal sebagai Wat Poornima.Dalam bahasa Sinhala (Buddha) Namanya Poson. Bulan purnama naik sesaat matahari terbenam,bulan menghabiskan setidaknya beberapa waktu di langit siang hari.

4. Kuartal Terakhir Bulan


Kuartal Terakhir Bulan
Kuartal Terakhir Bulan
Minggu, 30 Juni, 12:53 EDT. Ini adalah kuartal terakhir bulan di bulan ini.Tebit sekitar 12:45 dan terbenam sekitar pukul 2:15 Fenomena ini paling mudah dilihat setelah matahari terbit di langit selatan.

5.  Merkurius di Elongasi Timur, Juni 2013

Merkurius di Elongasi Timur
Merkurius di Elongasi Timur
Rabu, 12 Juni, setelah matahari terbenam. Merkurius akan berada di posisi terbaik untuk di observasi malam hanya matahari terbenam.Planet ini akan tampak baik di belahan bumi selatan, sedangkan di utara akan tampak kurang bagus karena Merkurius akan sangat rendah di cakrawala.

6.  Bulan Dibingkai oleh Saturnus dan Spica, Juni 2013

Bulan Dibingkai oleh Saturnus dan Spica
Bulan Dibingkai oleh Saturnus dan Spica
Selasa, 18 Juni, malam. Saturnus, bulan, dan Spica semuanya berbaris dan anda akan sangat mudah untuk melihatnya.Pengamat di bagian utara Amerika Selatan dan Afrika Tengah akan melihat bulan melintas tepat di depan Spica.

7. Konjungsi Venus dan Merkurius di Bulan Juni 2013

Konjungsi Venus dan Merkurius
Konjungsi Venus dan Merkurius
Kamis, 20 Juni, setelah matahari terbenam. Ini akan menjadi kesempatan terbaik untuk melihat Merkurius di bulan ini, hanya 2 derajat di bawah Venus yang terang di langit malam.

8. Peralihan Musim Panas, Juni 2013


Peralihan Musim Panas
Peralihan Musim Panas
Jumat, 21 Juni, 01:04 EDT. Matahari mencapai posisi paling utara yang menandai pertengahan musim panas.Berkumpul di sekitarnya adalah empat dari delapan planet (Venus, Merkurius, Jupiter dan Mars) dan planet kerdil (mantan asteroid) Ceres.Kecuali Merkurius berada di sisi yang jauh dari matahari.

9. Super Moon Di Bulan Juni 2013


Super Moon
Super Moon
Sabtu, 22 Juni, matahari terbenam. Tahun ini bulan purnama terbesar tahun ini akan terjadi pada tanggal 22/23. Orbit elips bulan itu membawanya dekat dengan Bumi di beberapa titik setiap bulan, yang disebut perigee.Ketika perigee jatuh dekat dengan bulan purnama, seperti halnya pada 23 Juni pukul 7 pagi EDT, kita mendapatkan apa yang disebut "supermoon."

Sekian info dari saya seputar Fenomena Astronomi Juni 2013, semoga bermanfaat untuk anda.

sumber : http://astronesia.blogspot.com/2013/06/daftar-fenomena-astronomi-juni-2013.html


0 Response to "Daftar Fenomena Astronomi Juni 2013"

Post a Comment