Latest Updates

Merapi Keluarkan Abu Vulkanik Ratusan Warga Sempat Mengungsi

Merapi Keluarkan Abu Ratusan Warga Sempat Mengungsi - Waaw Banget. Kali ini saya akan berbagi info bencana tentang Merapi Keluarkan Abu Vulkanik.

" Merapi Keluarkan Abu Vulkanik Ratusan Warga Sempat Mengungsi "

Merapi Keluarkan Abu Vulkanik
Merapi Keluarkan Abu Vulkanik
 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, ratusan warga sempat mengungsi akibat hujan abu Gunung Merapi, Senin (22/7/2013) pagi tadi sekira pukul 04.15 WIB.

“Ratusan masyarakat di Kemalang, Klaten (Jawa Tengah), mengungsi di Kantor Kecamatan Kemalang dan di daerah Bawukan. Sedangkan masyarakat di Cangkringan mengungsi ke Balai Desa Glagaharjo," ujar Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Informasi yang diterimanya, saat ini sebagian besar pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, kelompok rentan, yakni kalangan lanjut usia, ibu menyusui, dan anak-anak, masih mengungsi di Balai Desa Glagaharjo.

Sutopo menambahkan, masyarakat di Desa Jrakah, Kabupaten Boyolali (Jawa Tengah), sempat mengungsi ke balai desa, namun begitu langit terang mereka kembali ke rumah masing-masing.

Di Magelang, masyarakat sekitar Merapi hanya keluar rumah karena panik mendengar suara gemuruh Gunung Merapi.

“BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah, BPBD Provinsi DIY, BPBD Klaten, BPBD Sleman, BPBD Magelang, BPBD Boyolali, BPPTKG, dan PVMBG. Kepala BPPTKG dan PVMBG menyatakan bahwa status Gunung Merapi masih Normal,” ujarnya.

Ditambahkan Sutopo, aktivitas Gunung Merapi akan dievaluasi apakah akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak. Pemantauan akan diintensifkan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan selalu siap siaga.

Status aktivitas gunung api memiliki empat tingkatan, yakni Normal Aktif, Waspada, Siaga, dan Awas. Gunung api umumnya memiliki sifat slow on set. Artinya bencana tidak terjadi secara tiba-tiba dan dapat diprediksi.

Semoga info yang saya bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi web saya waaw banget. Sekian info terbaru yang bisa saya bagikan tentang Merapi Keluarkan Abu Vulkanik. 

sumber : http://jogja.okezone.com/read/2013/07/22/510/840353/large

0 Response to "Merapi Keluarkan Abu Vulkanik Ratusan Warga Sempat Mengungsi"

Post a Comment